Annyeong!~

Hari ini aku mau cerita tentang pengalaman magangku menjadi pustakawan di SD Dharma Karya UT, semoga ceritanya bisa bermanfaat dan gak ngebosenin yaaa, hehe..


    Pada saat aku semester 3, aku mengikuti program magang yang bernama “Jipers Mengabdi”. Jipers Mengabdi adalah kegiatan magang yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yang mengusung tema “Explore and Grow Up Together For Your Career in Library and Archival Institution”. Dengan adanya program magang tersebut, aku engga berpikir panjang lagi dan aku langsung mendaftarkan diri untuk mengikuti program tersebut. Saat itu aku cuma mikir untuk mencari pengalaman aku selama di bangku perkuliahan ini. Pada saat hari pembekalan peserta Jipers Mengabdi, disitu aku mendengarkan para dosen yang berbagi ilmunya tentang Perpustakaan dan Kearsipan, serta ada sedikit praktik tentang kearsipan. Keesokan harinya, muncul pembagian kelompok magang yang dimana isinya informasi tempat magang dan siapa saja teman kelompok magang. Dan ya, aku mendapatkan tempat magang di SD Dharma Karya UT serta teman-teman dari kelasan lain.

    Singkat cerita, sehari sebelum magang aku sangat kebingungan baju apa yang harus aku pakai saat magang dan apa aja yang harus aku bawa, HAHAHAHA. Hari dimana magang tiba, aku berangkat pagi-pagi menuju SD Dharma Karya UT, tempatnya tidak begitu jauh dari rumahku (kalau lewat jalan pintas). Setelah sampai, aku menunggu teman-teman magangku karena aku gak berani buat masuk sendiri. Lengkap sudah teman-teman magangku, kami berkenalan satu sama lain karena ada beberapa orang yang belum aku kenal sama sekali. Sesampainya di perpustakaan, kami menemui pustakawan dan memperkenalkan diri masing-masing. Kami langsung diberi jobdeks untuk memotong-motong kertas peminjangan buku, membereskan buku yang agak berantakan, tidak hanya itu, kami juga langsung melayani peminjaman dan pengembalian buku siswa-siswi SD Dharma Karya UT. Hari itu, menjadi hari pertamaku magang sebagai pustakawan di SD Dharma Karya UT. Fyi, SD Dharma Karya memiliki program membaca, jadi dimana seluruh kelas 1-6 setiap seminggu sekali diwajibkan untuk berkunjung ke perpustakaan untuk membaca.

    Hari kedua magang, kami mulai merencanakan apa saja yang harus kami lakukan selama magang. Kemudian, di hari berikutnya kami merealisasikan rencana tersebut satu persatu seperti membuat drop box buku, melayani pemustaka dibagian sirkulasi (peminjaman dan pengembalian buku), melakukan shelving, katalogisasi, labeling, melakukan pengklasifikasian pada buku-buku baru. Tidak hanya itu, kami juga mengadakan program literasi kepada siswa-siswi SD Dharma Karya UT, seperti mereview buku bacaan. Dengan tujuan untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan berani kepada siswa-siswi SD Dharma Karya UT.


    Tiba lah dimana hari magang berakhir, kami menyiapkan sebuah kenang-kenangan untuk pustakawan, kepala sekolah, serta guru SD Dharma Karya UT sebagai tanda terima kasih kami karena sudah menerima kami sebagai mahasiswa magang. Rasanya bersyukur banget bisa ikutan Jipers Mengabdi dan juga mendapatkan teman-teman magang yang sangat koperatif untuk kerjasama. Dan tidak lupa kepada pustaskawan, kepala sekolah, serta guru SD Dharma Karya UT yang sangat sangat baik dan membantu kami dalam program magang.







Gimana ceritanya ?? Seru gak nihhh?

Kalau kalian ada juga gak cerita pengalaman magang, boleh banget nih dikomen yaa!~