ANNYEONGHASEYO YOROBUN~

Ada yang tau layanan perpustakaan itu apa?

Layanan perpustakaan, menurut Lasa Hs (2007: 169), "Upaya pemberdayaan yang dapat berupa penyediaan jasa sirkulasi, baca di tempat, pelayanan rujukan, penelusuran literatur, penyampaian informasi terbaru, penyampaian informasi yang lebih baru, dan penyampaian informasi yang lebih baru." pilihan informasi, layanan internet, layanan audio visual, bimbingan pemakai, fotokopi, reproduksi, terjemahan, dan layanan pelayanan konsultasi serta layanan antar pinjam perpustakaan.

Sebagai anak UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pasti kalian tau dong Pusat Perpustakaan, yang merupakan salah satu perpustakaan yang ada diantara beberapa perpustakaan dan juga perpustakaan paling besar yang ada di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Di Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini menerapkan sistem open access, yang dimana pemustaka bisa secara langsung bisa mengakses dan menemukan koleksi-koleksi yang ada di Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.  



Nah, disini ada beberapa layanan yang ada di Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, seperti :

1. Layanan Sirkulasi 

   Layanan sirkulasi adalah tempat untuk kalian yang ingin pinjam buku sekaligus tempat pengembaliannya. Layanan sirkulasi ini terletak di lantai 4. 

2. Layanan Referensi

Layanan referensi yang ada di Pusat Perpustakaan UIN Jakarta menyediakan seperti biografi, bibliografi, sumber geografi, indeks, abstrak, direktori, kamus, ensiklopedia, dan almanak. Dan sumber koleksi yang digunakan oleh layanan ini yaitu, Bahasa Inggris, Arab, dan Indonesia. Kalo kalian mau mau ke layanan referensi letaknya ada di lantai 5.

3. Layanan Koleksi UIN Syahid-ANA

Layanan ini adalah tempat untuk menyimpan berbagai koleksi karya-karya islami. Layanan koleksi UIN Syahid-ANA terletak di lantai 6. Di lantai ini juga terdapat musholla dan toilet, jadi tenang aja kalo ke sini gak perlu jauh-jauh untuk turun.

4. Layanan Multimedia

Pada layanan multimedia Pusat Perpustakaan UIN Jakarta telah menyediakan akses internet, koleksi digital, akses koleksi E-Journal, akses koleksi E-Book, serta akses untuk AIS (Academic Information System). Keberadaan layanan ini ada di lantai 5.

5. Layanan Corners

Beberapa layanan corners yang ada di Pusat Perpustakaan UIN Jakarta yaitu, BI Corner, American Corner, Canadian Corner, Saudi Arabian Corner, Munawir Corner.

6. Layanan Digital Repository

7. Layanan Literasi Informasi

8. Layanan Ruang Baca Khusus dan Riset

9. Layanan Keanggotaan

10. Layanan Bebas Pustaka

11. Layanan Loker


Untuk kalian yang ingin melihat layanan Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta secara virtual, klik link dibawah ini yaa..... jangan lupa comment, like, dan subscribe :D